Home » , , » INILAH KEAJAIBAN DAN MANFAAT MENGUCAPKAN SALAM

INILAH KEAJAIBAN DAN MANFAAT MENGUCAPKAN SALAM

Sisa-Harimanusia---Topik Kali ini adalah pentingnya mengucapkan salam, manfaat dan keajaiban dibalik salam yang kita ucapkan secara refleks (tak sadar), tanpa direncanakan dan tanpa tahu akan manfaat dan arti dari salam itu sendiri. Kita sudah tahu bahwa mengucapkan salam itu sunat hukumnya dan wajib hukumnya menjawab salam dari sesama muslim. Nah apa sich salam itu, berikut akan coba kita pahami tentang salam itu dari segi makna dan manfaatnya, serta apa keajaiban yang tersembunyi di dalamnya;


1. Makna Dan Arti Dari Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh adalah suatu ucapan yang kita ucapkan setiap kali kita bertemu atau berpisah dengan orang lain. Selain itu ada peranan yang lebih penting dimana kita mengucapkan salam, yaitu sebagai do'a, yang mempunyai arti "(Semoga kedamaian dilimpahkan kepadamu diiringi dengan rahmat dari Allah SWT dan juga barakah dari Allah untukmu). 
subhanallah, indah sekali dunia ini jika semua orang saling bertatapan muka, tersenyum dan mengucapkan salam dengan begitu halusnya, subhanallah.


2.  Manfaat Mengucapkan Salam.

Dilindungi Oleh ALLAH SWT.
Mengingatkan kita untuk selalu bergantung kepada ALLAH SWT.
Terciptanya keakraban dan persahabatan dengan orang lain.
Tanda kasih sayang, karena sudah dido'akan.


3. Mendapatkan Pahala Sunnah

Menucapkan salam, mendapat pahala sunnah bagi yang mengucapkannya, dan mendapat pahala wajib bagi yang menjawab. 

Dengan salam maka tali silaturahmi akan terjaga karena kita akan selalu menyapa dan mengenal dengan baik sanak keluarga, tetangga dan handai taulan kita.

Sebenarnya masih banyak manfaat-manfaat yang lain, tapi saya pilih yang ini saja. Ucapkanlah salam disaat kau bertemu orang muslim lainnya, karena hukum mengucapkan salam itu "sunnah" seperti yang tertera di atas, dan "wajib" bagi yang mendengarnya untuk menjawabnya, subhanallah. Ucapkanlah salam, salam, dan salam, asslamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Sekian tentang salam dari saya, wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. 

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Artikel