Home » , , » INILAH KEAJAIBAN DAN MANFAAT MENGUCAPKAN SALAM

INILAH KEAJAIBAN DAN MANFAAT MENGUCAPKAN SALAM

PAI---Topik Kali ini adalah pentingnya mengucapkan salam, manfaat dan keajaiban dibalik salam yang kita ucapkan secara refleks (tak sadar), tanpa direncanakan dan tanpa tahu akan manfaat dan arti dari salam itu sendiri. Kita sudah tahu bahwa mengucapkan salam itu sunat hukumnya dan wajib hukumnya menjawab salam dari sesama muslim. 

Keajaiban dan manfaat mengucapkan salam

Hukum dari mengucapkan kalimat tersebut merupakan sunnah Nabi Muhammad SAW yang baik. Nah apa sich salam itu, berikut akan coba kita pahami tentang salam itu dari segi makna dan manfaatnya, serta apa keajaiban yang tersembunyi di dalamnya;


1. Makna Dan Arti Dari Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh adalah suatu ucapan yang kita ucapkan setiap kali kita bertemu atau berpisah dengan orang lain. Selain itu ada peranan yang lebih penting dimana kita mengucapkan salam, yaitu sebagai do'a, yang mempunyai arti "(Semoga kedamaian dilimpahkan kepadamu diiringi dengan rahmat dari Allah SWT dan juga barakah dari Allah untukmu). 

subhanallah, indah sekali dunia ini jika semua orang saling bertatapan muka, tersenyum dan mengucapkan salam dengan begitu halusnya, subhanallah.


2.  Manfaat Mengucapkan Salam.

Dilindungi Oleh ALLAH SWT.
Mengingatkan kita untuk selalu bergantung kepada ALLAH SWT.
Terciptanya keakraban dan persahabatan dengan orang lain.
Tanda kasih sayang, karena sudah dido'akan.


3. Mendapatkan Pahala Sunnah

Menucapkan salam, mendapat pahala sunnah bagi yang mengucapkannya, dan mendapat pahala wajib bagi yang menjawab. 

Dengan salam maka tali silaturahmi akan terjaga karena kita akan selalu menyapa dan mengenal dengan baik sanak keluarga, tetangga dan handai taulan kita.


Inilah Keutamaan Mengucapkan Salam Sebagai Ajaran Rasulullah

Ucapan salam sudah menjadi salah satu kalimat yang wajib diucapkan oleh semua umat Islam, baik laki-laki maupun perempuan.

Ucapan salam yang panjang dan sempurna membuat pahala semakin bertambah. Hal ini membuat siapa saja lebih mengutamakan mengucapnya secara sempurna.

Sebab, ingin memperoleh pahala yang sempurna pula. Mengucap salam hukumnya sunnah dan bagi siapa saja yang mendengarnya, maka hukumnya wajib.

Ada banyak keutamaan yang bisa anda dapatkan ketika mengucapkan salam. Bagi anda yang kurang tahu akan maknanya, berikut ini ulasannya secara lengkap.

1. Dijauhkan dari Setan

Keutamaan mengucapkan salam yang pertama yaitu dijauhkan dari gangguan setan. Para ulama mengatakan bahwa salam termasuk dari salah satu bagian dzikir kepada Allah SWT.

Maka dari itu, ketika seorang muslim memasuki rumahnya dengan mengucapkan salam, berarti berdzikir kepada Allah SWT. Sehingga akan dijauhkan dari setan, bahkan rumahnya sendiri tidak akan ditempati makhluk tersebut.

Hal ini juga sudah ada dalam hadist riwayat Imam Muslim. Isi dari hadist tersebut yaitu “saat seseorang masuk rumah dan mengucapkan salam, maka tidak ada tempat setan untuk menginap di rumah tersebut.

2. Memperoleh Keberkahan dan Kebaikan

Selain terhindar dari setan, keutamaan mengucapkan salam yaitu mendapatkan keberkahan dan kebaikan dari Allah SWT. Hal ini juga sudah ada dalam surat An-Nur: 61 .

Isinya tentang memasuki rumah sebaiknya mengucapkan salam atas diri sendiri. Sebab, ucapan tersebut yang ditetapkan dari sisi Allah yang memperoleh berkah lagi baik.

3. Memperoleh Perlindungan dari Bencana dan Bahaya

Dengan mengucapkan salam, anda bisa mendapatkan manfaat yang cukup banyak. Bahkan bagi siapa saja yang mengucapkannya akan terhindar dari bahaya dan bencana.

Keutamaan ini juga sudah tertulis dalam hadist riwayat Imam Abu Daud dari Abu Umamah al-Bahili. Intinya yaitu dijelaskan jika ada 3 kelompok yang masuk dalam jaminan Allah SWT.

Golongan tersebut yaitu orang yang berangkat perang berjihad dalam jalan Allah SWT. Orang yang pergi menuju masjid serta ketika seseorang masuk dalam rumah dan mengucapkan salam.

Ketiga golongan tersebut berada dalam jaminan Allah SWT dan akan masuk surga. Hal ini hanya karena anda mengucapkan salam ketika memasuki rumah.

Sebenarnya mengucapkan salam menjadi hal yang sudah sering umat Islam lakukan. Namun, belum tentu semua orang mengetahui akan manfaat yang ada.

Bahkan masih banyak orang Islam yang enggan untuk mengucapkannya. Namun, ketika anda sudah tahu makna dan manfaatnya, pasti tidak akan meninggalkannya.

Sebenarnya masih banyak manfaat-manfaat yang lain, tapi saya pilih yang ini saja. Ucapkanlah salam disaat kau bertemu orang muslim lainnya, karena hukum mengucapkan salam itu "sunnah" seperti yang tertera di atas, dan "wajib" bagi yang mendengarnya untuk menjawabnya, subhanallah. Ucapkanlah salam, salam, dan salam, asslamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Sekian tentang salam dari saya, wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. 

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Artikel