Home » , » 11 RAHASIA DAN KEUTAMAAN IBADAH MALAM JUM'AT

11 RAHASIA DAN KEUTAMAAN IBADAH MALAM JUM'AT

Sisa-Harimanusia---Ternyata tidak hanya di hanya dikampung-kampung dan pedesaan nuansa ibadah akan semakin kental ketika mendekati malam jum'at. Di kota-kota pun jika dilihat beberapa masjid dan mushola terlihat orang-orang semakin banyak berhimpun dengan khusuk beribadah malam untuk melewati malam jum'at yang menurut sebagian orang sangat besar keutamaannya. Banyak-amalan-amalan yang akan semakin baik jika kita laksanak di sholat malam dan hari jum'at ini. Berikut ini rahasia dan keutamaan ibadah malam jum'at ini, sebagai berikut :

1.MEMPERBANYAK SHALAWAT DI MALAM & HARI JUM’AT
Rasulullah saw bersabda:
"Perbanyaklah shalawat kepadaku pada hari jum'at dan malam jum'at. Siapa saja yang membacakan 1 shalawat kepadaku, niscaya Alloh memberikan 10 shalawat kepadanya." HR. Baihaqi, dari hadits Anas as; hadits hasan.

    
2. MEMBACA SURAH AL-KAHFI TIAP MALAM JUM’AT
Rasulullah saw bersabda:
"Siapa saja yang membaca surah al-Kahfi pada hari Jum'at, niscaya dia diterangi suatu sinar antara dirinya hingga rumah yang kuno (Ka'bah)." HR. Baihaqi dalam Syu'abul Iman, dari hadits Abu Sa'id as; hadits shahih.
 Rasulullah saw bersabda:
"Siapa saja yang membaca surah al-Kahfi pada hari Jum'at, niscaya ia diberi suatu sinar antara dua jum'at." HR. Hakim & Baihaqi, dari hadits Abu Sa'id as; hadits shahih.


3. MEMBACA SURAH AL-IKHLASH SETIAP MALAM
Rasulullah saw bersabda:
“Tidak mampukah seseorang dari kalian membaca sepertiga Al-Qur’an pada setiap malam? Siapapun membaca surah Qulhuwallahu Ahad, berarti telah membaca sepertiga Al-Qur’an.” HR Turmudzi dari hadits Abu Ayyub ra; shahih.

4. MEMBACA SURAH AL-KAFIRUN TIAP MALAM JELANG TIDUR
Rasulullah saw bersabda:
“Siapapun membaca surah Qul ya ayyuhal kafirun, itu disetarakan dengan ¼ al-Qur’an, dan siapapun membaca surah Qul huwallahu Ahad, itu diserupakan dengan 1/3 al-Qur’an.”
“Sebaik-baik 2 surah yang dibaca di dalam 2 rekaat sebelum shalat shubuh adalah surah Qul huwallahu Ahad, dan Qul ya ayyuhal kafirun.” (ash-Shahihah juz. 2, hlm. 246).
Seorang tua yang pernah berjumpa dengan Nabi saw bercerita, “Aku keluar bersama Nabi saw dalam suatu perjalanan jauh. Lalu beliau melewati seorang lelaki yang sedang membaca Qul ya ayyuhal kafirun, maka beliau berkomentar: Orang ini telah berlepas diri dari syirik. Ternyata ada orang lain sedang membaca Qul huwallahu Ahad, maka Nabi saw berkomentar: Dengan sebab surah itu jannah pasti menjadi bagiannya.” HR Ahmad; SHAHIH. 
“Bacalah surah Qul ya ayyuhal kafirun, kemudian tidurlah setelah membaca ayat terakhirnya, sebab surah itu merupakan perlepasan diri dari syirik.” HR Abu Dawud dll, dari hadits Naufal ra; hadits shahih.


5. MEMBACA AYAT KURSI SETIAP SETELAH SHALAT FARDHU
Rasulullah saw bersabda:
“Siapa saja yang membaca ayat kursi di belakang setiap shalat maktubah,  tidak ada yang menghalanginya dari masuk jannah kecuali kematian.” (HR Nasa`i & Ibnu Hibban dari Abu Umamah ra.; hadits shahih)


6. MEMBACA 2 AYAT TERAKHIR SURAH AL-BAQARAH TIAP MALAM
Rasulullah saw bersabda:
"Dua ayat dari akhir surah al-Baqarah, siapa saja membacanya pada suatu malam niscaya keduanya mencukupinya." Muttafaqun 'alaih, dari hadits Abu Mas'ud al-Badri ra.

7. MEMBACA DOA (TERSERAH) SETELAH MEMBACA AL-QUR’AN 
Rasulullah saw bersabda:
“Barang siapa membaca Al-Qur’an, maka hendaklah ia (setelah itu) meminta kepada Alloh akan pahala bacaan tersebut, sebab nantinya akan datang beberapa kaum yang membaca Al-Qur’an; dan mereka meminta upahnya dari manusia.” (Hadits hasan  dari ‘Imran bin hushain ra. riwayat at-Turmudzi)


8. MEMBACA 100 AYAT SETIAP MALAM
Rasulullah saw bersabda:
“Siapapun membaca 100 ayat dalam 1 malam, niscaya dicatat mendapatkan (pahala) shalat sepanjang malam." HR Ahmad, dari hadits Tamim ra ; shahih.


9. FADHILAH MEMBACA AL-QUR’AN (SURAH APA SAJA)
Rasulullah saw bersabda:
“Siapapun membaca 1 huruf dari Kitabullah, maka dia mendapatkan 1 kebaikan dengan sebab itu. Sementara kebaikan itu akan dilipatkan hingga 10 kali lipat. Aku tidak mengatakan bahwa ALIF LAM MIM itu 1 huruf; akan tetapi ALIF adalah 1 huruf, LAM juga 1 huruf, dan MIM juga 1 huruf.” HR Turmudzi, hadits shahih.


10. HADITS DHA’IF TENTANG FADHILAH SURAH YASIN
Diriwayatkan:
"Siapa saja yang membaca Yasin maka seolah-olah dia telah membaca Al-Qur'an sebanyak 10 kali." HR. Baihaqi dalam Syu'abul Iman, dari hadits Abu Hirr as.
Sanad hadits ini sama dengan sanad hadits di atasnya. Jadi hadits ini DHA'IF. (Faidhul Qadir nomor 8936)
Syaikh Muhaddits Mujahid Ibnul Mubarak menegaskan:
"Kita tersibukkan dengan hadits shahih dari hadits dha'if."

11. KEUTAMAAN MATI DI MALAM/HARI JUM’AT
Rasulullah saw bersabda:
“Siapapun muslim yang mati di hari Jum’at atau malam Jum’at, pastilah Allah swt menjaganya dari fitnah kubur (siksa kubur).” HR Ahmad & Turmudzi; hadits hasan.

Demikianlah 11 Rahasia dan keutamaan ibadah pada malam hari terutama pada malam jum'at. terimakasih. Wabillah taufika wal hidayah wassalamualaikum warahmatullah Wabarakatuh...

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Artikel