Home » » INILAH 10 PINTU-PINTU MASUK SETAN KE DALAM HATI MANUSIA

INILAH 10 PINTU-PINTU MASUK SETAN KE DALAM HATI MANUSIA

Sisa-harimanusia---Seperti yang disebutkan bahwa hati manusia itu diibaratkan benteng, sementara setan ibarat musuh yang ingim menembus masuk ke dalam benteng, lalu memiliki dan menguasainya. Benteng tidak akan dapat diselamatkan dari serangan musuh kecuali dengan mengadakan penjagaan pada pintu-pintunya, menutup rapat-rapat setiap celah yang memungkinkan dijadikan jalan masuk bagi musuh. Jika seseorang tidak mengetahui pintu-pintu itu, maka ia tidak mungkin dapat melindunginya dengan baik.

Memelihara dan menjaga hati dari godaan setan itu wajib hukumnya, bagi setiap hamba yang sudah mukalaf. Sesuatu yang menjadi sarana terlaksananya sesuatu yang wajib, maka wajib pula hukumnya. Seseorang tidak akan dapat menangkal setan menerobos masuk ke dalam hati, kecuali dengan mengetahui telebih dahulu pintu-pintu masuk yang akan dilaluinya, sehingga mengetahui jalan masuk setan ke dalam hati, hukumnya menjadi wajib pula.

Jalan-jalan setan dan pintu-pintu masuknya ke dalam hati itu adalah sifat-sifat yang melekat pada manusia yang jumlahnya begitu banyak. Tetapi kami akan menunjuk pada pintu-pintu besar yang tidak akan membuat setan berdesak-desakan masuk ke dalamnya betapapun besar jumlah setan dan bala tentaranya yang akan melaluinya.

Berikut ini adalah 10 sepuluh Di antara pintu-pintu setan yang besar itu, ialah:

1. Amarah
Amarah merupakan jalan besar bagi masuknya setan ke dalam hati. Karena ketika terjadi amarah akal menjadi tidak berfungsi dengan baik. Jika tentara akal lemah, tentu sangat mudah bagi tentara setan untuk melakukan serangan dan menguasai hati manusia.

2. Menurutkan nafsu Syahwat
Syahwat juga merupakan jalan besar bagi masuknya setan ke dalam hati. Karena ketika terjadi  nafsu Syahwat dan kita selalu menurutkannya, akal menjadi tidak berfungsi dengan baik. Jika tentara akal lemah, tentu sangat mudah bagi tentara setan untuk melakukan serangan dan menguasai hati manusia.

3. Dengki dan rakus
Diantara pintu-pintu besar setan yang lain adalah dengki dan rakus. Ketika seorang hamba terhadap suatu apapun, maka kerakusan akan menjadikannya buta dan tuli, sehingga setan mudah masuk dan menggodanya.

4. Makan kekenyangan
Diantara pintu-pintu besar setan yang lain juga adalah makan sampai kenyang, sekalipun apa yang ia makan itu makanan yang halal dan bersih. Karena kekenyangan akan memperkuat syahwat padahal syahwat itu adalah sejatan setan.

5. Gemar Menghias Pakaian, Rumah dan Prabotannya
Diantara pintu-pintu besar setan yang lain adalah senang terhadap urusan hias-menghias perabot rumah tangga, pakaian dan rumah. Adalah setan jika setan melihat semua itu, ia akan menguasai hati manusia, bertelur dan menetas di sana. Ia selalu mengajak seseorang untuk membangun rumah, menghiasi atapnya, dindingnya serta memperluas bangunannya. Setan juga selalu mendorong seseorang untuk berhias dan unjuk gaya dengan pakaian yang indah, aksesoris yang wah dan kendaraan yang bagus. Sehingga ia akan bergelimang dalam kondisi yang seperti itu sepanjang hidupnya.

6. Rakus kecintaan, Kekaguman dan Mengkultuskan Individual seseorang
Diantara pintu-pintu besar setan yang lain adalah tamak kepada manusia - ketamakan dimaksud bisa terjadi karena cinta, kagum, ingin mendapatkan sesuatu dari yang dicintai atau dikagumi, misalnya; ketika ketamakan telah menguasai hatinya, maka setan akan selalu berupaya memoles dan menghiasi dirinya dengan berbagai macam riya' dan sikap dan gaya hidup yang dibuat-buat penuh kepalsuan di hadapan orang yang ditamaki (dicintai dan dikagumi tersebut). Sehingga orang yang ditamaki itu, seolah-olah menjadi sesembahannya.
 
7. Tergesa-gesa dan Tidak Konsisten
Diantara pintu-pintu besar bagi masuknya setan kedalam hati manusia adalah  ketergesa-gesaan dan tidak konsisten dengan suatu perkara. Rasulullah saw. pernah bersabda;
Artinya; "Tergesa-gesa itu dari setan, sedangkan kehati-hatian itu dari Allah Ta'ala."
Seyogyanya setiap pekerjaan itu dilakukan setelah dicermati dan dipertimbangkan terlebih dahulu. Sementara pencermatan memerlukan perenungan dan ketelitian, sedangkan ketergesa-gesaan mencegah yang demikian itu. Ketika seseorang tergesa-gesa, maka setan menyusupkan kejahatan kepadanya tanpa diketahuinya.
 
8. Kecintaan Pada Dirham, Dinas dan Berbagai Jenis Harta Benda Lainnya
Pintu besar yang lain bagi setan untuk masuk dan menguasai hati manusia adalah dirham, dinar dan semua jenis harta benda yang berupa hewan piaraan, sawah ladang dan lainnya. Setiap kelebihan dari kadar makanan dan kebutuhan pokok lainnya, adalah menjadi tempat bersarangnya setan.

9. Kikir dan Takut Miskin
Sifat kikir dan takut miskin inilah yang menghalangi berinfak dan bersedekah. Kedua sifat itulah yang mendorong seseorang untuk menimbun dan menumpuk-numpuk harta benda. Dengan sikap yang demikian itu, pada hakekatnya justru mengundang siksaan yang sangat pedih yang dijanjikan bagi orang-orang yang suka menumpuk harta.

10.Fanatik Bermadzhab, Hawa Nafsu dan Dendam dalam Permusuhan.
Diantara pintu-pintu masuk setan yang lain lagi ialah tawashul; fanatik bermadzhab, hawa nafsu, dendam dan permusuhan, memandang musuh-musuhnya dengan pandangan yang rendah dan hina. Semua itu termasuk di antara hal-hal yang dapat membuat manusia rusak dan fasek.

Demikian keadaan hati manusia dalam kaitannya dengan pintu-pintu masuk setan ke dalamnya, semoga kita selalu terhindar dari yang demikian itu. Waallaahu a'lam bis-shawaab.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Artikel