Home » , » JADWAL PUASA RAMADHAN 1437 H/2016 M DI SELURUH KOTA BESAR DI INDONESIA

JADWAL PUASA RAMADHAN 1437 H/2016 M DI SELURUH KOTA BESAR DI INDONESIA

Ramadhan merupakan sebuah nama bulan yang kesembilan dalam kalender Islam. Ramadhan didahului bulan Sya'ban dan diikuti oleh Syawal. Jadi puasa Ramadhan adalah puasa yang wajib dilaksanakan pada bulan Ramadhan oleh umat Islam. Puasa Ramadhan termasuk salah satu rukun Islam. Dalam hadist Imam Bukhari, puasa Ramadhan disebutkan di nomor kelima setelah ibadah haji, sedangkan Imam Muslim meletakannya pada nomor keempat setelah membayar zakat.

Islam itu dibangun atas lima perkara: Persaksian bahwa tidak ada Tuhan (yang benar untuk diibadahi) kecuali Allah, dan Muhammad adalah Utusan Allah, dan mendirikna shalat, membayar zakat, ibadah haji, dan puasa Ramadhan.

Sembagai seorang muslim wajib bagi kita untuk berpuasa di bulan Ramadhan. Alasan umat Islam diwajibkan berpuasa Ramadhan tak lain ialah karena Allah telah memerintahkan kita di dalam firmannya yaitu Al-Qur’an, Kita juga wajib mempercayai Al-Qur’an sebab Al-Qur’an juga merupakan salah satu dari Rukun Iman. Bila anda tidak percaya Al-Qur’an maka keimanan anda pun diragukan.

Hal ini seperti yang firman Allah dalam Al-Qur’an mengenai wajibnya puasa Ramadhan berikut ini :

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa." (QS. Al Baqarah : 183)

Melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan ini tidak hanya sekedar menahan rasa haus dan lapar saja, tapi juga menahan hal-hal seperti nafsu, amarah, dan perbuatan terlarang lainnya. Banyak sekali amalan yang dilipat gandakan pahalanya selama bulan ramadhan ini seperti menjalankan amalan-amalan ibadah iktikaf, menjalankan ibadah-ibadah sunnah, bersedekah, silaturrahim, dan lain sebagainya. Kita akan bersih dari dosa seperti bayi yang baru lahir kembali. Maka kita sebagai umat muslim sudah seharusnya tidak melewatkan bulan Ramadhan dengan kegiatan yang sia-sia, agar lebih termotivasi menjalani bulan puasa dan lebih memahami makna bulan ramadhan itu sendiri. 

Oleh karena itulah banyak sekali hikmah-hikmah yang terdapat di bulan suci ramadhan ini, karena dengan menjalankan puasa saja, kita telah mendapatkan banyak sekali manfaat, apalagi melakukan amalan-amalan yang lain.
















0 komentar:

Posting Komentar

Cari Artikel