Home » , » INILAH PENGERTIAN DAN 4 POKOK WUDHU PENTING YANG SERING TERLUPAKAN

INILAH PENGERTIAN DAN 4 POKOK WUDHU PENTING YANG SERING TERLUPAKAN

PAI---- Pengertian Wudhu adalah kegiatan bersuci dengan air. Apa saja anggota badan kita yang disucikan di dalam wudhu? ketiak berwudhu kita membasuh wajah, kedua tangan, kepala, dan kedua kaki. Wudu (Arab: الوضوء al-wuū'Persia:آبدست ābdastTurki: abdest, Urdu: وضو wazū') adalah salah satu cara menyucikan anggota tubuh dengan air. Seorang muslim diwajibkan bersuci setiap akan melaksanakan salat. Berwudu bisa pula menggunakan debu yang disebut dengan tayammum


Perintah berwudhu sendiri telah tercantum dalam Al-Qur'an, ini tercantum di surat Al Maidah ayat 6. Allah berfirman, “Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah, dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayammumlah dengan tanah yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur”. 

Begitu pentingnya berwudhu hingga dikaitkan dengan sholat sempurna, tidak syah dan tida sempurna sholat seseorang jika tidak benar wudhunya. 

Abu Hurairah r.a. meriwayatkan bahwa Rasulullah saw bersabda, "Allah tidak menerima shalat salah seorang diatara kalian yang berhadas sampai ia berwudhu." (HR Bukhari, Muslim, Abu Dawud, dan at-Tirmidzi)

Adapun 4 Pokok Wudhu yang Penting, Jika ingin sholat sempurna, sempurnakan dulu Wudhlu anda. Jika wudhlunya sempurna baik, Insya Allah sholatnya bisa sempurna.

Hakikatnya, jika wudhlu yang benar dan baik, maka kekotoran dan dosa-dosa dari anggota tubuh yang dibasuh oleh wudhu akan jatuh bersama air wudhu yang jatuh kebumi.

Dalam berwudhu, yang pokok itu ada empat, yang lain Sunat. jika yang 4 hal tersebut tidak sempurna maka tidak sah dan batal wudhunya.

Berikut inilah 4 Pokok Wudhu yang Penting yang menentukan sah tidaknya wudhu dan sholat kita.

1. Basuh wajah (Bagian tampak muka) Membasuh wajah, tumpahkan air pada bagian wajah yang dibasuh.

2. Mambasuh kedua tangan (dari punggung telapak tangan hingga siku)

3. Mengusap bagian kepala (air yang ditampung ditangan ditumpahkan lalu sisa air di tangan di usapkan kekepala).

4. Membasuh kedua kaki (Mambasuh Kaki hingga mata Kaki) baik kaki kanan maupun kaki kiri.


Demikian pengertian dan empat 4 pokok wudhu yang penting. semoga bermanfaat. trimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini. Wassalam.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Artikel